PENGARUH UPAYA RELASIONAL DAN FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN PRODUK BELANJA ONLINE (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh usia, pendidikan,
komunikasi, personalisasi, balas jasa dan perlakuan istimewa terhadap loyalitas
konsumen pada toko belanja online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Jember. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang merupakan
konsumen toko online seperti www.zalora.co.id ,www.lazada.co.id, dan
www.blibli.com. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak
150 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas dan
multinomial logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada logit 1, usia,
personalisasi, balas jasa dan perlakuan istimewa berpengaruh signifikan terhadap
produk toko online Zalora dibandingkan produk online Lazada. Sedangkan hasil
logit 2 menunjukkan bahwa usia, personalisasi, balas jasa dan perlakuan istimewa
berpengaruh signifikan terhadap produk toko online Bli-Bli dibandingkan produk
online Lazada.