URGENSI LABEL HALAL PADA KOSMETIK BAGI WANITA MUSLIM DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih dengan pertimbangan untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam dari masing-masing informan pengguna kosmetik. Kelompok sosial penelitian ini adalah seluruh wanita muslim konsumen kosmetik kota Jember. Sedangkan informan dari penelitian ini adalah wanita muslim pengguna kosmetik kota Jember yang terpilih sebagai informan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa keberadaan label halal pada kosmetik dianggap penting karena keberadaan label halal pada kosmetik dapat menjadi penjamin bahwa kosmetik yang bersangkuatn halal, berkualitas baik dan aman dikonsumsi, sehingga dapat memberikan ketenangan bagi umat muslim dalam menggunakannya. Meskipun keberadaan label halal pada kosmetik dianggap penting, namun sebagian besar dari informan masih belum sepenuhnya menggunakan kosmetik yang berlabel halal. Hal yang sedikit kontradiktif ini disebabkan oleh sedikitnya kosmetik yang memiliki label halal serta adanya label halal pada kosmetik tidak menjamin kosmetik tersebut cocok dengan informan dalam penggunaanya. Hal ini menjadikan label halal tidak menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam pemilihan kosmetik. Oleh karena itu, pihak industri kosmetik dapat menjadikan keberadaan label halal sebagai pertimbangan dalam memasarkan produknya dengan memperhatikan aspek-aspek lain yang mampu mendukung minat konsumen untuk membeli kosmetik yang ditawarkan.