PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK XYZ CABANG JEMBER
Abstract
Meningkatnya persaingan yang terjadi menyebabkan semakin ketatnya
pangsa pasar antara produsen dengan kompetitornya, sehingga perusahaan yang
satu dengan yang lain bersaing merebut pangsa pasar dan mempertahankan
konsumennya. Salah satu upaya perusahaan perbankan untuk menarik perhatian
nasabahnya adalah dengan cara pemasaran relasional sehingga para nasabah akan
puas dan tetap loyal untuk terus menggunakan jasa perbankan yang telah dipilih.
Masing-masing perusahaan perbankan berusaha untuk menjadi perusahaan jasa
terdepan dalam memberikan kepuasan kepada nasabah melalui pemasaran
relasional. Perusahaan perbankan harus terus menerus memberikan kepuasan
kepada para nasabahnya dan perusahan perbankan juga harus menjalin hubungan
baik dengan para nasabahnya dengan cara memberi informasi terbaru tentang
produk dan jasa perbankan, sehingga para nasabah akan tetap menjadi nasabah
yang loyal. Oleh karena itu, perusahaan perbankan perlu menjalin hubungan
jangka panjang dengan nasabahnya melalui program relationship marketing.
Populasi dari penelitian ini adalah nasabah PT. Bank XYZ Cabang
Jember. Sampel yang dipilih sebanyak 150 responden. Tehnik penentuan
pengambilan sampelnya adalah dengan purposive sampling. Metode analisis data
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh langsung dan signifikan.
Relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, relationship
marketing berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, dan kepuasan berpengaruh
terhadap loyalitas nasabah. Dari ketiga variabel tersebut relationship marketing
yang berpengaruh paling besar terhadap kepuasan nasabah. Hasil tersebut dapat
dilihat dalam pengujian koefisien jalur.