• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK XYZ CABANG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Mita Rahayuningsih - 100810201240_1.pdf (82.45Kb)
    Date
    2014-04-11
    Author
    Mita Rahayuningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Meningkatnya persaingan yang terjadi menyebabkan semakin ketatnya pangsa pasar antara produsen dengan kompetitornya, sehingga perusahaan yang satu dengan yang lain bersaing merebut pangsa pasar dan mempertahankan konsumennya. Salah satu upaya perusahaan perbankan untuk menarik perhatian nasabahnya adalah dengan cara pemasaran relasional sehingga para nasabah akan puas dan tetap loyal untuk terus menggunakan jasa perbankan yang telah dipilih. Masing-masing perusahaan perbankan berusaha untuk menjadi perusahaan jasa terdepan dalam memberikan kepuasan kepada nasabah melalui pemasaran relasional. Perusahaan perbankan harus terus menerus memberikan kepuasan kepada para nasabahnya dan perusahan perbankan juga harus menjalin hubungan baik dengan para nasabahnya dengan cara memberi informasi terbaru tentang produk dan jasa perbankan, sehingga para nasabah akan tetap menjadi nasabah yang loyal. Oleh karena itu, perusahaan perbankan perlu menjalin hubungan jangka panjang dengan nasabahnya melalui program relationship marketing. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah PT. Bank XYZ Cabang Jember. Sampel yang dipilih sebanyak 150 responden. Tehnik penentuan pengambilan sampelnya adalah dengan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh langsung dan signifikan. Relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dari ketiga variabel tersebut relationship marketing yang berpengaruh paling besar terhadap kepuasan nasabah. Hasil tersebut dapat dilihat dalam pengujian koefisien jalur.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56854
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12476]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository