ALTERNATIF PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN ROKOK A MILD DENGAN METODE BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) DI KOTA JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui hasil prediksi
pasar dilihat dari tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar dan pangsa pasar relatif
perusahaan. peta masing-masing produk dan menentukan alternatif strategi
pemilihan pemasaran masa mendatang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Pangsa pasar A Mild masih lebih rendah dari Jarum Mild. Tetapi pangsa pasarnya
lebih tinggi dari GG Mild. Samporna A Mild berada pada posisi Question Mark
dimana divisi dalam kuadran IV memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah,
tetapi mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat.Posisi Rokok A Mild
saat ini merupakan altrenatif pemilihan posisi terbaik yang dapat menghasilkan
pendapatan tetap yang tinggi sehingga perusahaan tidak perlu melakukan investasi
yang mahal untuk mempertahankan posisi.