dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes,
wawancara. Analisis data yang dilakukan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.
Penerapan media gambar berseri pada pembelajaran menulis narasi kelas IV
SDN Kebonsari 04 Jember dilaksanakan dengan dua suklus yaitu suklus I dan siklus
II. Penerapan sikuls I dan Siklus II dalam pembelajaran melalui media gambar berseri
ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah 1) mula-mula guru mempersiapkan
gambar berseri, 2) tiap siswadiberikan media gambar berseri, 3) siswa diinstruksikan
untuk memperhatikan dan mempelajari gambar berseri tersebut, 4) siswa diminta
menentukan topik yang sesuai dengan gambar berseri, 5) siswa harus menceritakan
setiap gambar dalam kata-kata atau kalimatnya sendiri apa arti gambar berseri yang
mereka perhatikan dan 6) hasil pengamatan siswa disusun dalam kerangka karangan
(siswa membuat satu kalimat sesuai dengan jumlah gambar) serta
mengembangkannya menjadi karangan yang utuh.
Penerapan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis narasi pada siklus
I berjalan lancar sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disiapkan,
berdasarkan dari hasil tulisan narasi siswa, masih beberapa siswa mengalami
kesulitan dalam menentukan penggunaan ejaan dan tanda baca, sehingga dalam
pelaksanaan siklus II guru lebih menekankan pada penjelasan penggunaan ejaan dan
tanda baca, berdasarkan hasil tulisan narasi siswa pada siklus II mengalami
peningkatan
Kemampuan siswa dalam Menulis Narasi dengan media gambar berseri pada
kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat
dari perbandingan hasil menulis narasi siswa pada sebelum menggunakan media
gambar berseri (prasiklus), siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan media
gambar berseri (prasiklus) terdapat 21 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Setelah
diterapkan pembelajaran menggunakan media gambar berseri, pada siklus I terdapat
34 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Pada siklus II yang merupakan perbaikan
dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 38 siswa atau 77,55% dari total 49
siswa. Jadi secara klasikal (≥ 70% dari jumlah siswa), siswa kelas IV di SDN
Kebonsari 04 Jember yang mencapai ketuntasan nilai adalah 77,55 %. | en_US |