MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENENTUKAN LUAS PERMUKAAN LIMAS 01 KELAS Ill F CAWU 1 SLTP NEGERI I UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2000/2001
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui:
(I) apa jenis-Jenis kesalahan dalam menyelelesaikan soal luas permukaan Iimas
pada siswa kelas III F SL TP Negeri I Umbulsari Jember?, (2) berapakah prosentase jenis kesalahan siswa dalam menentukan luas Iimas pada siswa kelas III F SLTP Negeri l Umbulsari Jember?, dan (3) bagaimanakah efektifitas pembelajaran remidial untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menghitung luas permukaan Iimas pada siswa kelas Ill F SLTP Negeri I Umbulsari Jember.
Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas III.F SLTPN l Umbulsari Jember. Tindakan penelitian ini pada siklus l adalah pengajaran ulang k.onsep luas permukaan Iimas secara klasikal dengan menekankan pada latihan soal-soal.
Setelah dilakukan tes, prosentase kesalahan pada siklus 1 yaitu: kesalahan teorema
26,04%, kesalahan tidak adanya penyelesaian akhlr 14,58%, dan kesalahan
teknis 13,02%. Tindakan penelitian pada sik.lus 2 adalah pengajaran ulang konsep luas permukaan Iimas mcnggunakan metode tanya jawab bagi siswa yang belum tuntas, dan memberikan pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas. Setelah dilakukan tes temyata prosentase kesalahan teorema 10,41%, kesalahan tidak adanya penyelesaian akhir7,8I%, dan kesalahan teknis 6,25%.