UPAYA MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL VOLUM LIMAS DENGAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING SISWA KELAS III.A di MTS NEGERI BONDOWOSO I TAHUN PELAJARAN 2000/2001
Abstract
Kesulitan dalam menyelesaikan soal volum bangun ruang, khususnya volum
limas rnerupakan suatu masalah bagi siswa SLTP pada umumnya. Sehingga ketuntasan belajar pada pokok bahasan ini sulit tercapai. Hal ini juga terjadi pada siswa MTs Negen 1 Bondowoso tahun pelajaran 2000/2001 Pcrtanyaan dalam penelitian ini
adalah: (I) bagaimana ketuntasan belajar kelas ltl.A MTs Negen I Bondowoso dalam
menyelesaikan soal volum limas, jika digunakan pembelajaran dengan model
penemuan terbimbing? (2) berapakah persentase jenis-jenis kesalahan siswa kelas IIl.A MTs Negen I Bondowoso dalam menyelesaikan soal volum limas dengan model
penemuan terbimbing dan (3) bagaimana efektifltas pembelajaran dengan model
penemuan terbimbing siswa kelas IIIA MTs Negeri I Bondowoso dalarn menyelesaikan
soal volum limas? Sedangkan tujuan dan penelitian ini adalah: (I) ingin mengetahui
ketuntasan belajar kelas Ill.A MTs Negeri I Bondowoso dalam menyelesaikan soal
volum limas. jika digunakan pembelajaran dengan model penemuan terbimbing, (2)
ingin mengetahui persentase jenis-jenis kesalahan siswa kelas III.A MTs Negeri I
Bondowoso dalarn menyelesaikan soal volum limas, jika digunakan pembelajaran
dengan model penemuan terbimbing. (3) ingin rnengetahui efektifitas pernbelajaran
dengan model penemuan terbimbing siswa kelas III A MTs Negeri I Bondowoso dalam
menyelesaikan soal volum limas Waktu pengambilan data dalam penelitian ini dimulai
pada tanggal 16 Oktober 2000 sampai pada tanggal 23 Oktober 2000. Dalam penelitian
ini subyek penelitian adalah siswa III.A MTs Negeri I Bondowoso yang berjumlah 34
siswa.