MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN UANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT PADA SISWA KELAS III SDN KEPATIHAN 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilakukan pada
siswa kelas III-C SDN Kepatihan 03 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 23 Mei 2011 (Siklus 1) dan 26 Mei 2011 (Siklus 2) meliputi: perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan
adalah uji ketuntasan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 persentase ketuntasan
belajar sebesar 68,57% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal. dalam hal ini persentase ketuntasan belajar belum mencapai 70%. Sehinggal
perlu diadakan perbaikan langkah-langkah pada siklus 2. Pada siklus 2 didapat ratarata
persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,57% yang tergolong telah
mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah
Penggunaan media konkrit mata pelajaran IPS pokok bahasan Uang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-C SDN Kepatihan 03 Kaliwates Jember.