PENGEMBANGAN E-PORTFOLIO ASSESSMENT PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR 1 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL
Abstract
Fungsi dan tujuan mata kuliah elektronika dasar 1 mengisyaratkan bahwa
pembelajaran elektronika tidak hanya terbatas pada penguasaan aspek kognitif
(pengetahuan), tetapi j uga mencakup pengembangan aspek afektif (sikap dan nilai),
serta aspek psikomotor (keterampilan). Agar diperoleh informasi tentang kinerja
mahasiswa yang menyeluruh dari mata kuliah elektronika dasar 1, hendaknya didukung
oleh suatu penilaian yang dapat mengukur kemampuan mahasiswa secara menyeluruh
(holistik). Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan perangkat e-portfolio assessment
pada mata kuliah Elektronika Dasar 1 yang berorientasi pada terwujudnya keterampilan
proses sains mahasiswa calon guru sekolah bertaraf internasional. Jenis penelitian adalah
penelitian pengembangan (Research and Development/ R & D) dengan menggunakan
model 4-D Thiagarajan yang direduksi menjadi model 3-D. Berdasarkan hasil penelitian,
dapat diambil kesimpulan bahwa Penelitian ini telah berhasil mengembangkan e-portfolio
assesment. Melalui e-portfolio assesment, tanggungjawab pembelajaran dikomunikasikan
kepada mahasiswa dan menjadikan pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Ketrampilan
proses sains mahasiswa bisa terekam secara mendetail karena memanfaatkan e-portfolio
assessment yang setiap saat mahasiswa dapat mengetahui hasil belajar melalui web