MISKONSEPSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Miskonsepsi dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Fisika.
Penelitian ini merupakan penelitian awal yang bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi –
miskonsepsi apakah yang terdapat pada diri siswa SMA dan kemampuan berpikir kreatif
berkaitan dengan konsep Fisika tentang dinamika gerak. Penelitian awal ini menggunakan
analaisis prosentase bagi siswa yang mengetahui konsep , mengalami miskonsepsi dan
tidak tahu konsep.serta kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukan
bahwa dari 30 siswa rata –rata yang mengetahui konsep 22.73%, yang mengalami
miskonsepsi 74,5% dan tidak tahu konsep 2,77% dan kemampuan berpikir kreatif siswa
belum mencakup pada aspek – aspek berpikir kreatif Kelancaran (fluency, fleksibiltas
(fleksibility), keaslian (originility),dan elaborasi (elaboration)