PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMAN 5 MALANG
View/ Open
Date
2014-03-28Author
Rayendra Wahyu Bachtiar
Muhardjito
Markus Diantoro
Metadata
Show full item recordAbstract
kebermaknaan siswa dalam belajar diindikasikan dengan siswa mampu untuk
menyelesaikan berbagai masalah. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan
desain pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam
memecahkan masalah secara ilmiah. Selain itu, kemampuan siswa menyelesaikan
masalah juga dipengaruhi oleh kemampuan penalaran ilmiah siswa. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap
prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari tingkatan kemampuan penalaran ilmiah siswa.
Perlakuan model PBL diberikan kepada 3 kelas eksperimen yang dipilih secara acak dan
3 kelas kontrol dilakukan pembelajaran secara konvensional. Data prestasi belajar
dikumpulkan dengan tes prestasi belajar fisika dan data kemampuan penalaran ilmiah
dikumpulkan dengan tes penalaran ilmiah. Hasil penelitian adalah: (1) prestasi belajar
fisika siswa yang belajar dengan model PBL lebih tinggi dibandingkan siswa yang
belajar dengan model konvensional, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran
PBL dengan kemampuan penalaran ilmiah siswa terhadap prestasi belajar fisika, (3)
prestasi belajar fisika siswa hypothetical deductive, yang belajar dengan model PBL
lebih tinggi daripada model konvensional, (4) prestasi belajar fisika siswa empirical
inductive, yang belajar dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada model
konvensional.