ANALISIS MISKONSEPSI MUATAN LISTRIK STATIS PADA MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Fisika merupakan ilmu fundamental yang menjadi dasar perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Upaya siswa dalam mempelajari fisika sering menemui
hambatan-hambatan yang disebabkan adanya anggapan bahwa fisika sebagai pelajaran
yang sulit dipahami, dan didukung oleh pengajaran fisika yang tidak menarik. Potensi
terjadinya miskonsepsi yaitu adanya prakonsepsi siswa, yang bersumber dari pikiran siswa
sendiri atau sumber-sumber lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami miskonsepsi
terhadap konsep muatan listrik statis. Miskonsepsi terjadi disebabkan oleh ketidakmampuan
mahasiswa dalam memaknai konsep muatan elementer pada benda dan hubungan/ interaksi
antara satu jenis muatan dengan muatan lainnya. Alternatif upaya untuk mengatasi
terjadinya miskonsepsi diantaranya dengan merancang pembelajaran yang memberikan
pengalaman belajar langsung kepada mahasiswa, misalnya melalui metode demontrasi.