PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI SISWA KELAS IV SDN GEBANG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Gebang 03 Jember Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember. Penentuan subyek penelitian yaitu di kelas IV A dengan jumlah
siswa sebanyak 47 siswa. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV A dan guru kelas
IV A. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari
Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning),
tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
analisis kualitatif.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan
transportasi siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011 dengan
menggunakan media gambar dan bagaimanakah peningkatan prestasi belajar IPS
pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi siswa kelas IV
SDN Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media
gambar. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah Untuk
meningkatkan aktivitas belajar IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi
teknologi komunikasi dan transportasi melalui penggunaan media gambar pada siswa
kelas IV SDN Gebang 03 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010-2011. Untuk
meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi
komunikasi dan transportasi melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IV
SDN Gebang 03 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan prestasi belajar siswa antara siklus I dan siklus II . Pada siklus I,
aktivitas belajar siswa hanya 46.35% dengan kriteria sedang, dan hasil belajar siswa
rendah dengan ketuntasan belajar secara klasikal hanya sebesar 50%. Pada siklus II,
aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat dengan skor aktivitas belajar siswa
sebesar 68.53% dengan kriteria aktif. Peningkatan tersebut searah dengan
peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara
klasikal sebesar 91.66%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya
peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV
A SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011.