PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (BUKU SISWA) MATEMATIKA UNTUK SISWA TUNARUNGU BERDASARKAN STANDAR ISI DAN KARAKTERISTIK SISWA TUNARUNGU PADA SUB POKOK BAHASAN MENENTUKAN HUBUNGAN DUA GARIS, BESAR SUDUT, DAN JENIS SUDUT KELAS VII SMPLB/B TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN (TPA) JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Dari hasil uji coba efektifitas, diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa
dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga adalah 77,27 dengan kategori
aktif. Dari analisis angket yang telah diisi diperoleh bahwa 80% siswa
menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal
ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa senang dengan pembelajaran
matematika yang menggunakan bahan ajar khusus untuk siswa tunarungu karena
bahan ajar tersebut dianggap menarik dan mudah dipahami. Dari hasil analisis
reliabilitas THB dipeoleh koefisien reliabilitas tes sebesar 0,63 yang termasuk
dalam kategori tinggi. Dari analisis data THB yang diikuti oleh 5 siswa diperoleh
rata-rata nilai siswa 71,6. Dengan persentase siswa yang memperoleh nilai
mencapai 80% (4 siswa). Hal ini menunjukkan cukup banyak siswa yang mampu
mencapai tingkat penguasaan materi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa
bahan ajar ini memenuhi kriteria keefektifan karena jumlah siswa yang
memperoleh nilai mencapai 80%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
ini sudah baik dan memenuhi rata-rata ketuntasan hasil belajar.
Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas bahan ajar yang telah terpenuhi,
dihasilkan bahan ajar metematika berdasarkan standar isi dan karakteristik siswa
tunarungu pada sub pokok bahasan menentukan hubungan dua garis, besar sudut,
dan jenis sudut yang layak dan dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan
belajar mengajar.