IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PLUS OLEH GURU MATEMATIKA DI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMPN 3 JEMBER
Abstract
Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan keseluruhan guru matematika di SMPN 3 Jember dengan proses eksplorasi dan proses interaksi. Penentuan teknik penilaian lebih banyak memperhatikan pada pencapaian kompetensi peserta didik berdasarkan indikator dan analisis hasil sistem penilaian berkelanjutan. Komponen-komponen penilaian meliputi standar kompotensi lulusan, indikator pencapaian, bentuk tes dan alikasi waktu. Langkah-langkah pelaksanaan penilaian keseluruhan guru melakukan penetapan indikator, penetapan teknik penilaian, membuat alat penilaian, membuat teknik penskoran dan sebagian guru membuat pemetakan KD, KD dan criteria ketuntasan belajar.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan prinsip Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Plus, khususnya pada pembelajaran matematika di SMPN 3 Jember, disarankan hendaknya guru mengadakan kegiatan sekolah yang terencana agar tidak menggangu proses belajar mengajar, menyesuaikan pembuatan media pembelajaran dengan kemampuan siswa, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa asing dalam proses belajar mengajar.