EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN LABORATORIUM ALAM BERBASIS GREEN ECONOMY SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN JIWA KEPEDULIAN LINGKUNGAN
View/ Open
Date
2014-03-27Author
Hendrawan Wahyu Putra
Wike Widya Listyaningtyas
Putri Alifatul Rakhmadani
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini membahas tentang efektifitas pembelajaran IPA menggunakan
laboratorium alam berbasis green economy dalam upaya menumbuhkan jiwa kepedulian
alam sejak dini pada siswa MTs di wilayah Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengkaji efektivitas pembelajaran IPA menggunakan laboraturium alam berbasis
green economy di MTs serta mengetahui perkembangan jiwa kepedulian siswa terhadap
lingkungan melalui pembelajaran IPA menggunakan laboraturium alam berbasis green
economy. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola random terhadap
subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memiliki nilai koknitif
yang lebih tinggi dari pada kelas control. Hasil ini diperoleh melaui evaluasi dalam bentuk
post tes pada materi keseimbangan ekosistem. Selain itu untuk nilai afektif dan jiwa
kepedulian siswa terhadap lingkungan juga mengalami peningkatan dibandingkan kelas
control. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan laboratorium
alam berbasis green economy efentif dalam menumbuhkan jiwa kepedulian alam sejak dini.