dc.description.abstract | Mata kuliah Advanced Real Analysis merupakan salah satu mata kuliah
matematika murni yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan
Matematika di FKIP Universitas Jember. Sebagaian besar mahasiswa selalu berasumsi
bahwa mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah yang sulit. Sebagai mata kuliah wajib
maka kesan tersebut, secara psikologis, sangat mempengaruhi proses berfikir mahasiswa.
Untuk mengatasi hal itu, maka diperlukan suatu usaha pendekatan yang nyata, sehingga
membuat mahasiswa senang mengikuti perkuliahan Advanced Real Analysis, sehingga hasil
belajar mereka juga meningkat. Quick on the draw adalah suatu pembelajaran yang lebih
mengedepankan aktivitas dan kerja sama siswa dalam mencari, menjawab dan melaporkan
informasi dari berbagai sumber dalam sebuah suasana permainan yang mengarah pada
pacuan kelompok melalui aktivitas kerja tim dan kecepatannya Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus, dan masing-masing siklus menerapkan pembelajaran Quick on the
draw pada saat pemberian tugas. Perkuliahan dilakukan secara team work, sehingga
observasi terhadap aktivitas mahasiswa dilakukan secara bersama. Pengambilan data
menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Aktivitas mahasiswa yang diamati
adalah: diskusi, kecepatan dalam menyelesaikan soal, ketepatan pembuktian dan
menyampaikan ide / pendapat, sedangkan tes hasil belajar diperoleh dari nilai akhir siklus.
Hasil yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut adalah, rata-rata nilai aktivitas
mahasiswa sebesar 81,05 dan 83,8, sedangkan rata-rata hasil belajar sebesar 77,38 dan
79,55. Hal tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas mahasiswa sebesar
2,75% dan hasil belajar sebesar 2,175%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa
penggunaan Quick on the draw mampu kemampuan mahasiswa pada mata kuliah Advanced
Real Analysis pada tahun perkuliahan 2011-2012. | en_US |