Show simple item record

dc.contributor.authorDinawati Trapsilasiwi
dc.contributor.authorDian Kurniati
dc.date.accessioned2014-03-27T07:19:05Z
dc.date.available2014-03-27T07:19:05Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56485
dc.descriptionSEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.description.abstractMata kuliah Advanced Real Analysis merupakan salah satu mata kuliah matematika murni yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di FKIP Universitas Jember. Sebagaian besar mahasiswa selalu berasumsi bahwa mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah yang sulit. Sebagai mata kuliah wajib maka kesan tersebut, secara psikologis, sangat mempengaruhi proses berfikir mahasiswa. Untuk mengatasi hal itu, maka diperlukan suatu usaha pendekatan yang nyata, sehingga membuat mahasiswa senang mengikuti perkuliahan Advanced Real Analysis, sehingga hasil belajar mereka juga meningkat. Quick on the draw adalah suatu pembelajaran yang lebih mengedepankan aktivitas dan kerja sama siswa dalam mencari, menjawab dan melaporkan informasi dari berbagai sumber dalam sebuah suasana permainan yang mengarah pada pacuan kelompok melalui aktivitas kerja tim dan kecepatannya Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan masing-masing siklus menerapkan pembelajaran Quick on the draw pada saat pemberian tugas. Perkuliahan dilakukan secara team work, sehingga observasi terhadap aktivitas mahasiswa dilakukan secara bersama. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Aktivitas mahasiswa yang diamati adalah: diskusi, kecepatan dalam menyelesaikan soal, ketepatan pembuktian dan menyampaikan ide / pendapat, sedangkan tes hasil belajar diperoleh dari nilai akhir siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut adalah, rata-rata nilai aktivitas mahasiswa sebesar 81,05 dan 83,8, sedangkan rata-rata hasil belajar sebesar 77,38 dan 79,55. Hal tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas mahasiswa sebesar 2,75% dan hasil belajar sebesar 2,175%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quick on the draw mampu kemampuan mahasiswa pada mata kuliah Advanced Real Analysis pada tahun perkuliahan 2011-2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectAdvanced Real Analysis, Quick On The Draw, Aktivitas Mahasiswa, Hasil Belajaren_US
dc.titlePEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENYELESAIKAN SOAL PADA MATA KULIAH ADVANCED REAL ANALYSIS DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER SEMESTER GENAP 2011-2012en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record