ANALISIS MISKONSEPSI TOPIK TEKANAN PADA SISWA SMA DAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA
Abstract
Penelitian ini fokus pada analisis miskonsepsi topik tekanan yang dialami oleh
siswa SMA dan mahasiswa pendidikan fisika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk
mendeteksi miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan mahasiswa khususnya pada topik
tekanan; 2) untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya miskonsepsi; dan 3) untuk
menjelaskan alternatif solusi remidiasi miskonsepsi pada topik tekanan oleh siswa dan
mahasiswa. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fisika FKIP Universitas Jember dan siswa
di kelas X SMA Negeri Tanggul tahun ajaran 2012-2013. Miskonsepsi pada siswa dan
mahasiswa dideteksi menggunakan tes dan wawancara dengan acuan dari diagram
representasi tingkat keyakinan dan penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa sebagian besar siswa dan mahasiswa mengalami miskonsepsi dalam memaknai
tekanan pada zat cair dan tekanan pada gas. Remidiasi miskonsepsi dapat dilakukan dengan
demonstrasi, pengkontruksian konsep, keterampilan berpikir kritis sehingga dapat
digunakan untuk mengevaluasi informasi baru atau situasi-situasi membenarkan konsep
yang awalnya terjadi miskonsepsi. Alternatif lain adalah dengan menggunakan
pembelajaran inkuiri terbimbing yang membuat pembelajaran dan konsep akan lebih
bermakna bagi siswa dan mahasiswa.