PENINGKATAN KECAKAPAN BERPIKIR MELALUI IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah rendahnya kualitas proses
perkuliahan pengembangan pembelajaran IPA yang berdampak pada rendahnya
keterampilan berpikir mahasiswa. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaiman
peningkatan kecapakan berpikir mahasiswa dengan mengimplementasikan Problem Based
Learning pada mata kuliah pengembangan pembelajaran IPA SD ? Berdasarkan rumusan
masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah menemukan suatu inovasi pembelajaran yang
dapat meningkatkan kecakapan berpikir mahasiswa guna meningkatkan kualitas
pembelajaran pada mata kuliah pengembangan pembelajaran IPA SD untuk mahasiswa S1
PGSD FKIP Universitas Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus tindakan. Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 kelas A Program Studi S1 PGSD tahun
akademik 2011/2012. Implementasi model pembelajaran berdasarkan masalah (problem
based learning) menunjukkan hasil yang sangat positif, yang diindikasikan adanya
peningkatan kecakapan berpikir yang meliputi kecakapan menggali dan menemukan
informasi (information searching), kecakapan mengolah informasi (information
processing), kecakapan mengambil keputusan (decision making), kecakapan memecahkan
masalah (creative problem solving skill).