• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KERTOSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Karmila Kurniasari.pdf (262.3Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Karmila Kurniasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui Strategi Pembelajaran Aktif dengan Card Sort Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari 01 Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 25 April 2011 sampai tanggal 9 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 12 laki-laki dan 24 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember selama proses pembelajaran melalui strategi pembelajaran aktif dengan card sort yaitu sebesar 21,78%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,19 % dan 84,95 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari Jember selama proses pembelajaran melaui strategi pembelajaran aktif dengan card sort sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan (prasiklus). Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 38,89% menjadi 69,44 % pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 30,55%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 94,4% yang menunjukkan peningkatan sebesar 25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif dengan card sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5648
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository