STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KERTOSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui Strategi Pembelajaran Aktif dengan Card Sort Untuk Meningkatkan Aktivitas
dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari 01 Tahun Ajaran 2010/2011.
Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan
Pakusari Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 25 April 2011 sampai tanggal 9
Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak,
terdiri dari 12 laki-laki dan 24 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan
pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan
tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan
jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
Hasil analisis aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember
selama proses pembelajaran melalui strategi pembelajaran aktif dengan card sort
yaitu sebesar 21,78%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan
siklus II adalah sebesar 63,19 % dan 84,95 % yang termasuk dalam kategori sangat
aktif, sedangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari Jember selama
proses pembelajaran melaui strategi pembelajaran aktif dengan card sort sangat
signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan (prasiklus).
Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 38,89% menjadi
69,44 % pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 30,55%. Persentase
hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari
siklus I adalah sebesar 94,4% yang menunjukkan peningkatan sebesar 25%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif dengan card
sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN
Kertosari 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011.