• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Deztyra Nur Imamah - 08010191008_1.pdf (870.2Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Deztyra Nur Imamah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengambilan data ini dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2013 – 30 Oktober 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara. Dari hasil observasi didapatkan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 65,43% (aktif) dan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 70,10% (aktif) serta rata-rata persentase aktivitas kelompok pada siklus I mencapai 60,12% (aktif) dan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas kelompok mencapai 75,60% (aktif). Sedangkan persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I mencapai 77,08% (sangat aktif) dan pada siklus II mencapai 91,67% (sangat aktif). Hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PCL, pada siklus I mencapai 80,00% dengan 7 siswa tidak tuntas belajar dan 28 siswa yang tuntas, dan pada siklus II mencapai 88,57% dengan 4 siswa tidak tuntas belajar dan 31 siswa yang tuntas. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56471
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository