PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Pengambilan data ini dilaksanakan pada
tanggal 22 Oktober 2013 – 30 Oktober 2013. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif meliputi aktivitas guru, aktivitas
siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara.
Dari hasil observasi didapatkan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas
siswa mencapai 65,43% (aktif) dan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa
mencapai 70,10% (aktif) serta rata-rata persentase aktivitas kelompok pada siklus I
mencapai 60,12% (aktif) dan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas kelompok
mencapai 75,60% (aktif). Sedangkan persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I
mencapai 77,08% (sangat aktif) dan pada siklus II mencapai 91,67% (sangat aktif).
Hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PCL,
pada siklus I mencapai 80,00% dengan 7 siswa tidak tuntas belajar dan 28 siswa yang
tuntas, dan pada siklus II mencapai 88,57% dengan 4 siswa tidak tuntas belajar dan
31 siswa yang tuntas.
Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, model
pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) dilaksanakan dengan baik.
Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari peningkatan aktivitas dan
ketuntasan hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II.