dc.contributor.author | KADIR | |
dc.date.accessioned | 2013-12-06T06:21:44Z | |
dc.date.available | 2013-12-06T06:21:44Z | |
dc.date.issued | 2013-12-06 | |
dc.identifier.nim | NIM080210274061 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5646 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran matematika bagi siswa merupakan pembelajaran yang
menyulitkan. Pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN Gugut 01 siswa
kurang maksimal. Siswa pada pembelajaran matematika kurang terlibat langsung,
sebagian besar siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Akibatnya adalah
hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika rendah. Tujuan dari Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji : (1) Peningkatan aktivitas
siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok berbantuan media Visual
pokok bahasan menjumlahkan bilangan bulat tahun pelajaran 2010-2011 di kelas
IV Gugut 01 Rambipuji. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan
metode kerja kelompok berbantuan media Visual pokok bahasan menjumlahkan
bilangan bulat tahun pelajaran 2010-2011 di kelas IV Gugut 01 Rambipuji.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gugut 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten
Jember kelas IV yang terdiri dari 30 orang siswa. Pembelajaran dikelas
menggunakan teknik pembagian kelompok. Penelitian ini menggunakan
penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas
yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1
pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai
pada tanggal 23 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh
observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningakatan
aktivitas guru dan siswa. Hasil Post Tes berdasarkan penelitian menunjukkan
peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I
porsentase klasikal sebesar 66,67% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal
sebesar 83,33%. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa
menunjukkan peningkatan pula. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada
kategori cukup baik dan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktiviras
belajar pada materi penjumlahan bilangan bulat dengan metode kerja kelompok
melalui penerapan media visual. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210274061; | |
dc.subject | Hasil Belajar, Metode Kerja Kelompok, Media Visual | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUT 01 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |