dc.description.abstract | Hasil analisis aktivitas siswa menggunakan presentase keaktifan siswa pada
kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas siswa yang dinilai yaitu
menganalisis pictorial riddle pada pelaksanaan I tergolong aktif sebesar 69,4 %
sedangkan pada pembelajaran II juga tergolong aktif yaitu sebesar 76,7 % sehingga
rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I dan II sebesar 75,45 % dan dapat
dikategorikan aktif. Untuk menguji hipotesis penelitian, diperoleh hasil analisis
Independent Sampel T-test dengan bantuan software SPSS 16 nilai Sig. (2-tailed)
0,011 dengan Sig. (1-tailed) 0,0055 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih
baik dari kelas kontrol yang didukung dengan nilai post-test yaitu kelas eksperimen
sebesar 75,5 dan kelas kontrol sebesar 69,7.
Berdasarkan hasi penelitian, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)
Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model
problem solving dengan metode pictorial riddle pada siswa kelas XI SMAN 1 Kalisat
tahun ajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori aktif. (2) Model problem solving
dengan metode pictorial riddle berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika
siswa kelas XI di SMAN 1 Kalisat tahun ajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa pada
kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. | en_US |