dc.description.abstract | Hasil penelitian dan analisa data uji hipotesis penelitian 1 menunjukkan
bahwa hasil pengujian Independent Samples T-test pada software SPSS 16 diperoleh
Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan
yang signifikan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil
penelitian dan analisa data uji hipotesis penelitian 2 menunjukkan bahwa hasil
pengujian Independent Samples T-test pada software SPSS 16 diperoleh Sig. (2-
tailed) sebesar 0,004 α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang
signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian
dan analisa data uji hipotesis penelitian 3 menunjukkan bahwa hasil pengujian
Bivariate Correlation pada software SPSS 16 diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000
dan 0,002 α (0,05) . Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan
antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah : (1) Ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar fisika siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media Jigsaw
Puzzle Competition dengan pembelajaran konvensional, (2) Ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT disertai media Jigsaw Puzzle Competition dengan pembelajaran
konvensional, (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa
terhadap hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT disertai media Jigsaw Puzzle Competition. | en_US |