• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI LESSON STUDY DISERTAI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Miftahul Jannah - 080210102003_1.pdf (258.3Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Miftahul Jannah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one group time series design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas siswa untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, menggunakan persentase respon siswa untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Analisis data menggunakan uji untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama diperoleh nilai = 8,322 nilai = 1,995 sehingga > Pertemuan kedua = 10,299 data nilai = 1,995 sehingga > . Pertemuan ketiga = 4,685 data nilai = 1,995 sehingga > . Pertemuan keempat = 10,842 nilai = 1,995 sehingga > . Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari Berdasarkan analisis data yang diperoleh, kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari. (2) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari tergolong aktif dengan persentase aktivitas belajar secara klasikal sebesar = 78,11%. (3) Respon siswa setelah pembelajaran fisika menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA sangat tinggi sebab hasil persentase respon siswa secara secara klasikal 98,7%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56460
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository