• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELBUK

    Thumbnail
    View/Open
    Laily Rachmia Septiani - 090210102025_1.pdf (71.00Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Laily Rachmia Septiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh nilai t pada equal variance assumed (thitung) adalah 3,029. Nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,004 dengan signifikansi (1-tailed) sebesar 0,002 menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0,05 (0,002  0,05) dan thitung > ttabel (3,029 > 2,00), sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain skor rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap keterampilan protses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample Ttest nilai t pada equal variance assumed (thitung) adalah 3,177. Nilai signifikansi (2- tailed) adalah 0,002 dengan signifikansi (1-tailed) 0,001  0,05, menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0,05 (0,000  0,05) dan thitung > ttabel (3,177 > 2,00), sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.sehingga nilai ratarata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAfisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk, dan (2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56458
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository