Show simple item record

dc.contributor.authorKarlita Rosanti
dc.date.accessioned2014-03-27T02:19:15Z
dc.date.available2014-03-27T02:19:15Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM080210192016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56456
dc.description.abstractMasalah yang diuji dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran fisika di SMP, dan (2) aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Singojuruh-Banyuwangi. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu uji efektifitas dan uji aktivitas belajar siswa.Proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa dapat mempengaruhi tingkat keefektifan suatu model pembelajaran yang diterapkan pada suatu pembelajaran. Skor efektifitas pembelajaran yang diperoleh secara klasikal sebesar  = 77,13%, jika disesuaikan dengan kriteria efektifitas maka model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) tergolong efektif sedangkan dilihat dari data observasi yang telah dilakukan selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berlangsung diperoleh data yaitu pada pertemuan I presentase keaktifan belajar siswa sebesar 69,77%, pada pertemuan kedua sebesar 78,71% dan rata-rata presentase keaktifan belajar siswa pertemuan I dan II yaitu sebesar 74,24%, jika disesuaikan dengan kriteria keaktifan belajar siswa maka aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran tergolong aktif. Secara umum dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Hukum Newton pada kelas VIII F SMP Negeri 1 Singojuruh. (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung menggunakan model pembelajaran Problem Based instruction (PBI) tergolong aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192016;
dc.subjectProblem Based Instruction (PBI), Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record