• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) BERBASIS OBSERVASI GEJALA FISIS SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Eva Elfenti Agustini - 080210192004_1.pdf (121.8Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Eva Elfenti Agustini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, terjadi peningkatkan kemampuan fisika pada siswa kelas VII-D SMP Negeri 11 Jember dengan kategori N-gain sedang pada pra siklus ke siklus 2 dan sudah mencapai target, setelah diterapkannya model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) berbasis observasi gejala fisis. Peningkatan kemampuan kognitif terjadi pada pra siklus ke siklus 2 dengan Ng sebesar 0,32 tergolong kriteria sedang. Peningkatan kemampuan afektif pada pra siklus ke siklus 2 dengan Ng sebesar 0,3 dengan kategori sedang. Peningkatan kemampuan psikomotor pada pra siklus ke siklus 2 dengan Ng sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Siklus akan dihentikan apabila harga N-gain sekurang-kurangnya pada kategori sedang, jika harga N-gain sudah mencapai kategori sedang atau tinggi penelitian perlu dilanjutkan dengan tujuan untuk proses verifikasi (pemantapan) bahwa model ini bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah. Jadi, pada siklus 3 dilakukan siklus pemantapan dan pemberhentian siklus. Berdasarkan hasil di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) berbasis observasi gejala fisis dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran dengan cara mencoba menemukan sendiri konsep fisika yang mereka pelajari dengan pembelajaran berbasis observasi gejala fisis menekankan penilaian yang mengarah pada kinerja belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56451
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository