dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran IPA di kelas IV SDN Penataan Winongan Pasuruan
masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, yaitu ceramah, tanya-jawab
yang pertanyaannya kurang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, dan penugasan
yang cenderung monoton. Sehingga mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar
siswa khususnya pada materi fungsi alat tubuh. Sehingga diperlukan sebuah teknik
yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara optimal yaitu
menggunakan teknik Mind Mapping (Peta Pikiran).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar siswa kelas IV SDN penataan dalam pembelajaran IPA pada meteri
fungsi alat tubuh manusia dengan menggunakan Teknik Mind Mapping (Peta
Pikiran). dan 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan
Teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) pada materi fungsi alat tubuh manusia siswa
kelas IV SDN Penataan, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Penataan dengan menggunakan
teknik Mind Mapping (Peta pikiran) dan 2) untuk meningkatkan hasil belajar IPA
dengan menggunakan teknik Mind Mapping (Peta pikiran) siswa kelas IV SDN
Penataan. | en_US |