• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEBANG 03 TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Jurlianti.pdf (3.169Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    JURLIANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Adapun tujuan penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pokok bahasan sumber energi bunyi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gebang 03 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk menemukan konsep sumber energi bunyi terlihat adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari yang hanya mencapai 22,5% pada observasi awal, meningkat menjadi 47,5% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa ini naik mengalami peningkatan menjadi 90% pada siklus 2 seiring dengan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Demikian juga dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 47,5% dan pada siklus 2 kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 52,5%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2 dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai minimal 65% sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe STAD untuk menemukan konsep sumber energi bunyi berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru Ipa kelas IV SD Negeri Gebang 03 Jember. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD juga dapat membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran. Aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat meningkat dan mencerminkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD juga mengalami peningkatan dari ulangan harian dan tes akhir yaitu dari yang hanya sebesar 47,5% menjadi 100%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5641
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository