PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOFTDRINK MERK FRESTEA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan apakah pengetahuan produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian softdrink merk Frestea pada mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Jember. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode proportional random sampling, yaitu sebanyak 82 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif dan inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F dan uji efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian softdrink merk Frestea pada mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Jember, yaitu sebesar 78,9%.