PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS XI IPS DI MAN 2 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Kesimpulan dari perolehan data tersebut bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel, hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan bahan ajar modul akuntansi materi ayat jurnal penyesuaian untuk kelas XI IPS1 di MAN 2 Jember efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Uji keefisienan bahan ajar modul menggunakan instrumen lembar observasi kegiatan siswa, diperoleh hasil yang baik, hal tersebut dapat dibuktikan dengan waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran akuntansi yaitu dengan 2 kali tatap muka, sehingga waktu yang tersisa dapat digunakan untuk mengerjakan soal-soal materi ayat jurnal penyesuaian sebagai perbaikan. Uji kemenarikan modul menggunakan angket respon siswa, hasil yang diperoleh cukup baik dengan deskripsi data sebagaimana tertera pada tabel ujicoba kemenarikan bahan ajar modul. Angket penilaian memuat 5 pertanyaan inti mengenai respon siswa terhadap produk bahan ajar modul akuntansi materi ayat jurnal penyesuaian. Dari hasil data yang diperoleh, bahan ajar modul akuntansi materi ayat jurnal penyesuaian untuk kelas XI IPS 1 menarik. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar cetak modul akuntansi materi ayat jurnal penyesuaian efektif, efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran serta memiliki dayatarik.