PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL LEARNING GAMES MENGGUNAKAN GAMBAR DIAM DI SD NEGERI KARANGANYAR 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa kesulitan yang
dialami guru dan siswa selama proses belajar-mengajar. Kesulitan-kesulitan tersebut
yaitu siswa kurang terlibat penuh dalam proses pembelajaran, kurangnya minat siswa
terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan, dan kurangnya variasi metode yang
digunakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran
Learning Games menggunakan Gambar Diam. Learning Games merupakan suatu
cara untuk mencapai indikator dalam proses pembelajaran melalui pertanyaanpertanyaan.
Hal ini dikarenakan pertanyaan dapat meningkatkan proses berpfikir
siswa, menyingkirkan “keseriusan”yang menghambat, menghilangkan stres dalam
lingkungan belajar, mengajak siswa terlibat penuh, meningkatkan proses belajar, dan
menambah variasi, semangat, dan minat pada sebagian program belajar. Rumusan
masalah dari penelitisn ini adalah bagaimanakah penerapan Learning Games
menggunakan gambar diam pada mata pelajaarn IPA kelas V pokok bahasan Pesawat
Sederhana, dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan
Learning Games menggunakan Gambar Diam mata pelajaran IPA kelas V pokok
bahasan Pesawat Sederhana. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan penerapan Learning Games menggunakan Gambar Diam pada mata
pelajaran IPA kelas V pokok bahasan Peasawat Sederhana, dan meningkatkan hasil
belajar siswa setelah diterapkan Learning Games pada mata pelajaran IPA kelas V
pokok bahasan Pesawat Sederhana.