• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS IV SDN WIROWONGSO 01 KECAMATAN AJUNG TAHUN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Fajar Surya Hutama.pdf (3.217Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Fajar Surya Hutama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan siswa mengalami kesulitan untuk menentukan strategi yang tepat dalam menyelesaikan suatu soal cerita. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan strategi pemecahan masalah model Polya, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar matematika, siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung setelah penerapan pembelajaran matematika dengan strategi pemecahan masalah model Polya? dan Bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika, siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung setelah penerapan pembelajaran matematika dengan strategi pemecahan masalah model Polya”. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung melalui strategi pemecahan masalah model Polya. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung, dimulai pada tanggal 18 Mei 2011 sampai dengan 26 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung dengan jumlah 37 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, pertemuan pertama adalah pemaparan materi dan pertemuan kedua adalah pelaksanaan tes akhir tiap siklus. vii Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam tes awal, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah model Polya, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5638
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository