PENGGUNAAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS IV SDN WIROWONGSO 01 KECAMATAN AJUNG TAHUN 2010/2011
Abstract
Hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan
Ajung dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah. Rendahnya hasil belajar
tersebut dikarenakan siswa mengalami kesulitan untuk menentukan strategi yang
tepat dalam menyelesaikan suatu soal cerita. Salah satu strategi yang dapat digunakan
untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan strategi pemecahan masalah
model Polya, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar matematika, siswa kelas IV SDN Wirowongso 01
Kecamatan Ajung setelah penerapan pembelajaran matematika dengan strategi
pemecahan masalah model Polya? dan Bagaimanakah peningkatan hasil belajar
matematika, siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung setelah
penerapan pembelajaran matematika dengan strategi pemecahan masalah model
Polya”.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung melalui strategi pemecahan
masalah model Polya. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Wirowongso 01
Kecamatan Ajung, dimulai pada tanggal 18 Mei 2011 sampai dengan 26 Mei 2011.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung
dengan jumlah 37 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, pertemuan pertama adalah
pemaparan materi dan pertemuan kedua adalah pelaksanaan tes akhir tiap siklus.
vii
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam tes awal, tes akhir siklus I dan
tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
dengan strategi pemecahan masalah model Polya, serta jawaban siswa terhadap
wawancara yang dilakukan.