Show simple item record

dc.contributor.authorEva Lina Wulandari
dc.date.accessioned2013-12-06T06:11:33Z
dc.date.available2013-12-06T06:11:33Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204238
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5637
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa guru jarang menggunakan metode pembelajarn baru dalam memotivasi hasil belajar siswa. Penerapan teknik polamatika dengan media kartu dapat menjadi salah satu alternatif dalam cara berhitung siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menerapkan teknik polamatika dengna media kartu untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas III SDN Kertosari 01 Pakusari-Jember, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran teknik polamatika dengan media kartu pada siswa kelas III SDN Kertosari 01 Pakusari-Jember pada materi perkalian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Pakusari-Jember kelas III yang terdiri dari 40 orang siswa, dengan 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi delapan kelompok yang heterogen dengan kemampuan akademik yang beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Polamatika adalah cara berhitung yang menggunakan alat bantu yang dinamakan kolom polamatika. Kelebihan dari polamatika adalah penggunaan pola bilangan tanpa menggunakan cara simpan seperti pada perkalian bersusun. Pembelajaran polamatika pada siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan teknik ix polamatika yaitu dari 14 orang siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 17 orang siswa dari 40 orang siswa, jumlah siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Melihat hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus 1, maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 peningkatan hasil belajar yang dialami siswa dari siklus 1, yaitu dari 17 orang siswa menjadi 35 orang siswa dari jumlah siswa seluruhnya 40 orang siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh media pembelajaran berupa permainan kartu dan teknik polamatika yang diaplikasikan dalam pembelajaran, sehingga dapat memotivasi kemauan belajar siswa sebagai satu pembelajaran yang baru dan menyenangkan. Berdasarkan analisis data pada aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 15% yaitu pada siklus 1 mencapai 77,5% dan pada siklus 2 mencapai 92,5%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 45%. Yaitu dari siklus 1 mencapai 42,5% dan pada siklus 2 mencapai 87,5%, dengan hasil yang dicapai maka dapat danyatakan tuntas, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Kertosari 01 melalui penerapan teknik polamatika dengan media kartu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204238;
dc.subjectTEKNIK POLAMATIKA, MEDIA KARTUen_US
dc.titlePENERAPAN TEKNIK POLAMATIKA DENGAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III SDN KERTOSARI 01 PAKUSARI-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record