MODEL PENDIDIKAN TERPADU PADA MADRASAH ALIYAH MODEL PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan Konsep penyelenggaraan pendidikan terpadu di
Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Probolinggo merupakan proses penerapan
pendekatan penyelenggaraan pendidikan yang menekankan pada keterpaduan pola
asuh, keterpaduan materi, dan keterpaduan ranah dengan mengoptimalkan ranah
kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga aspek tersebut dilakukan sebagaimana
mestinya, sehingga menghasilkan peserta didik yang berpikir kritis, sistematis, dan
berwawasan ilmu pengetahuan umum yang berwatak atau berkarakter sesuai dengan
ajaran agama Islam. Beberapa upaya yang sudah dilakukan untuk terwujudnya sistem
pendidikan antara lain keterpaduan pola asuh, keterpaudan kurikulummateri ajar, dan
keterpaduan ranah. Pelakasanaan beberapa upaya ini bertujuan terselenggaranya
program pelaksanaan terpadu yang mengahsilakan out put yang berpikir intelektual
dan berjiwa Islam.