• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT EFEKTIF SISWA SMP NEGERI 1 BANGOREJO BANYUWANGI KELAS VII TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ronaning Tyas - 090210402032_1.pdf (222.9Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Ronaning Tiyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil tes subjektif yang diberikan kepada siswa terdiri atas 3 kelas/ rombel yaitu sebagai berikut: a) kemampuan memahami kalimat efektif dari segi gramatikalnya diketahui 41 siswa mendapat kriteria mampu, 23 siswa mendapat kriteria cukup mampu, 14 siswa mendapat kriteria kurang mampu dan siswa yang mendapat kriteria tidak mampu sebanyak 5 siswa b) kemampuan memahami kalimat efektif dari segi ketepatan pilihan katanya diketahui 27 siswa mendapat kriteria mampu, 42 siswa mendapat kriteria cukup mampu, 11 siswa mendapat kriteria kurang mampu, dan siswa yang mendapat kriteria tidak mampu sebanyak 3 siswa, c) kemampuan memahami kalimat efektif dari segi kelogisannya diketahui 1 siswa mendapat kriteria mampu, 2 siswa mendapat kriteria cukup mampu, 17 siswa mendapat kriteria kurang mampu, dan siswa yang mendapat kriteria tidak mampu sebanyak 52 siswa, d) kemampuan memahami kalimat efektif dari segi kehematannya diketahui 0 siswa atau tidak ada siswa yang mendapat kriteria mampu, 11 siswa mendapat kriteria cukup mampu, 23 siswa mendapat kriteria kurang mampu, dan siswa yang mendapat kriteria tidak mampu sebanyak 47 siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari kemampuan memahami kalimat efektif siswa SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi kelas VII tahun ajaran 2012/2013 dapat disimpulkan kemampuan siswa yang demikian dilatarbelakangi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal belajar dipengaruhi oleh motivasi siswa dalam mengolah, menyimpan, dan mempelajari kembali bahan ajar serta kebiasaan belajar yang kurang baik, pada faktor eksternal belajar berkaitan dengan kurangnya sarana buku penunjang serta sikap guru dalam mengajar yang membosankan menyebabkan suasana kelas menjadi tidak bersemangat. Saran yang dapat diajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini adalah bagi guru hendaknya mampu menjadi motivator belajar sekaligus fasilitator bagi siswa-siswanya, bagi peneliti selanjutnya perlu ditindaklanjuti dengan cara melakukan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56373
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository