• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA ASPEK KETERAMPILAN MENULIS KELAS XI SMA NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Prita Mahayoningrum - 090210402064_1.pdf (75.12Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Prita Mahayoningrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian ini adalah terdapat dua jenis analisis, yaitu analisis kondisi komponen RPP (rumusan indikator, materi pembelajaran, skenario pembelajaran, evaluasi pembelajaran) dan analisis relevansi antarkomponen RPP. Rumusan indikator dianalisis berdasarkan aspek kompetensinya yang meliputi ranah kognitif C1, C2, C3, C6 dan psikomotor abstrak. Kecukupan materi ditinjau berdasarkan luas dan dalamnya materi ajar yang diberikan. Pengorganisasian skenario pembelajaran ditinjau berdasarkan kejelasan dan keoperasionalan rumusan yang mencakup kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi serta variasi metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pada evaluasi pembelajaran, ditinjau kelengkapannya berdasarkan konstruksi penilaian serta penskoran. Kemudian relevansi antarkomponen RPP menunjukkan kesesuaian antara kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar perumusan indikator mencakup ranah kompetensi kognitif dan psikomotor abstrak. Ranah kompetensi kognitif terdiri dari ranah kognitif C1 (pengetahuan), C2 (pemahaman), C3 (penerapan), dan C6 (evaluasi). Variasi metode pembelajaran yang paling dominan adalah metode diskusi. Hampir semua data relevansi antarkomponen RPP adalah kurang relevan. Hal tersebut didominasi dengan ketidaksesuaian evaluasi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran. Penilaian didominasi dilakukan pada keterampilan psikomotornya saja, untuk kompetensi lainnya tidak disertai dengan penilaian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56371
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository