ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA ASPEK KETERAMPILAN MENULIS KELAS XI SMA NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Hasil penelitian ini adalah terdapat dua jenis analisis, yaitu analisis kondisi komponen
RPP (rumusan indikator, materi pembelajaran, skenario pembelajaran, evaluasi pembelajaran)
dan analisis relevansi antarkomponen RPP. Rumusan indikator dianalisis berdasarkan aspek
kompetensinya yang meliputi ranah kognitif C1, C2, C3, C6 dan psikomotor abstrak.
Kecukupan materi ditinjau berdasarkan luas dan dalamnya materi ajar yang diberikan.
Pengorganisasian skenario pembelajaran ditinjau berdasarkan kejelasan dan keoperasionalan
rumusan yang mencakup kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi serta variasi metode
yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pada evaluasi pembelajaran, ditinjau
kelengkapannya berdasarkan konstruksi penilaian serta penskoran. Kemudian relevansi
antarkomponen RPP menunjukkan kesesuaian antara kompetensi dasar, indikator, tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar perumusan
indikator mencakup ranah kompetensi kognitif dan psikomotor abstrak. Ranah kompetensi
kognitif terdiri dari ranah kognitif C1 (pengetahuan), C2 (pemahaman), C3 (penerapan), dan C6
(evaluasi). Variasi metode pembelajaran yang paling dominan adalah metode diskusi. Hampir
semua data relevansi antarkomponen RPP adalah kurang relevan. Hal tersebut didominasi
dengan ketidaksesuaian evaluasi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran. Penilaian
didominasi dilakukan pada keterampilan psikomotornya saja, untuk kompetensi lainnya tidak
disertai dengan penilaian.