dc.description.abstract | Pada hasil penelitian adanya prawacana di iklan obat majalah Intisari
dibedakan menjadi dua jenis yaitu prawacana dramatisasi dan prawacana uraian.
Prawacana dramatisasi cenderung lebih menarik perhatian dengan kata-kata yang
banyak mengundang keingintahuan pembaca, sehingga pembaca merasa terkesan dan
selanjutnya membaca isi wacana. Prawacana uraian cenderung lebih menjelaskan
produk obat yang ditawarkan sehingga menambah kejelasan isi pada wacana. Hasil
penelitian adanya persuasif ditemukan dua jenis persuasif yaitu persuasif khusus
(spesifikasi produk) dan persuasif umum. Persuasif khusus (spesifikasi produk)
berupa ajakan yang lebih menekankan pada produk obat yang ditawarkan, penulis
mengajak pembaca untuk menggunakan produk obat yang ditawarkan apabila
mengalami masalah yang sama dengan iklan. Persuasif umum berupa ajakan yang
tidak menekankan untuk menggunakan produk obat yang ditawarkan. Isi dari
persuasif ini biasanya mengajak pembaca untuk melakukan hidup sehat atau
mengonsumsi makanan yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Hasil
penelitian pada fungsi bahasa iklan yang terdapat dalam iklan obat di majalah
Intisari terdapat fungsi informasi, fungsi persuasif, fungsi meneguhkan keputusan,
fungsi mempercepat keputusan, dan fungsi membangun citra. Fungsi informasi
bentuk wacana yang digunakan berupa deskripsi, bentuk wacana fungsi persuasif
adalah menggunakan bentuk wacana persuasif, fungsi meneguhkan keputusan dan
mempercepat keputusan mempunyai bentuk wacana argumentasi, dan fungsi
membangn citra menggunakna bentuk wacana narasi. Hasil dan pembahasan dari
penelitian karakteristik wacana iklan obat di majalah Intisari dapat dimanfaatkan
sebagai alternatif materi menulis iklan untuk siswa SMA. | en_US |