PERANAN HOUSEKEEPING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN HOTEL KEBONAGUNG JEMBER
Abstract
Pariwisata  merupakan  suatu  sektor  yang  mempunyai  banyak  kaitan 
dengan  sektor-sektor  lain, sehingga pengembangan sektor pariwisata akan terus 
memacu  perkembangan  sektor  lainnya.  Melihat  perkembangan  pariwisata  yang 
semakin  maju,  maka dunia perhotelan perlu  mendapatkan perhatian khusus  untuk 
meningkatkan kualitas dan pelayanan  hotel. Perkembangan tempat-tempat wisata 
dapat  diamati  dengan  munculnya  tempat  penginapan  yaitu  hotel,  baik  hotel 
berbintang  maupun  kelas  melati.  Salah  satunya  adalah  Hotel  dan  Pemandian 
Kebon agung Jember. 
Keberhasilan  suatu  hotel  biasanya  dapat  dilihat  dari  penghasilan  yang 
didapat  dari  penjualan  kamar.  O leh  karena  itu,  agar  para  tamu  dapat  lebih  lama 
tinggal  di  hotel,  setiap  hotel  pasti  akan  memberikan  yang  terbaik  seperti 
kenyamanan,  keindahan,  kerapian  dan  ketentraman  atau  diskon  untuk  para  tamu 
yang  menginap  beberapa  hari  di  hotel  tersebut.  Salah  satu  bagian  yang  sangat 
berperan  utama  di  dalam  sebuah  hotel  adalah  housekeeping  departement  yaitu 
bagian  yang  bertugas  dan  bertanggung  jawab  menjaga  kebersihan,  kerapian, 
keindahan  dan  kenyaman  diseluruh  area  hotel  baik  diluar  gedung  maupun  di 
dalam gedung termasuk di kamar- kamar  yang disewa oleh para tamu. 
  Alasan penulis memilih Hotel dan Pemandian Kebonagung sebagai tempat 
Praktek  Kerja  N yata  adalah  karena  Hotel  dan  Pemandian  Kebonagung  memiliki 
dua  produk  utama  yang  berhubungan  dengan  jurusan  pariwisata  yaitu  hotel 
sebagai sarana akomodasi dan kolam renang sebagai objek wisata.
Collections
- DP-Travel Agent [269]
