Show simple item record

dc.contributor.authorSinta Ambar Husada
dc.date.accessioned2014-03-26T01:48:21Z
dc.date.available2014-03-26T01:48:21Z
dc.date.issued2014-03-26
dc.identifier.nimNIM100210204169
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56356
dc.description.abstractHasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 37,8% (kriteria kurang aktif), dan pada siklus II mencapai persentase 62,1% (kriteria aktif). Persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,3%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,16 dan pada siklus II sebesar 71,35 sehingga peningkatannya sebesar 10,19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melaui metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahssan gaya di SDN Patrang 01 Jember tahun pelajatan 2013/2014. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan mampu menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204169;
dc.subjectBahasan Gaya, Think Pair and Share (TPS)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A SDN PATRANG 01 JEMBER PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record