dc.contributor.author | Sinta Ambar Husada | |
dc.date.accessioned | 2014-03-26T01:48:21Z | |
dc.date.available | 2014-03-26T01:48:21Z | |
dc.date.issued | 2014-03-26 | |
dc.identifier.nim | NIM100210204169 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56356 | |
dc.description.abstract | Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran IPA melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share
(TPS) mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada
siklus I mencapai 37,8% (kriteria kurang aktif), dan pada siklus II mencapai
persentase 62,1% (kriteria aktif). Persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke
siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,3%. Berdasarkan hasil penelitian
tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) mengalami peningkatan.
Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,16 dan pada siklus II sebesar
71,35 sehingga peningkatannya sebesar 10,19.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melaui metode
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahssan gaya di SDN Patrang 01 Jember
tahun pelajatan 2013/2014. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan
mampu menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share
(TPS) dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210204169; | |
dc.subject | Bahasan Gaya, Think Pair and Share (TPS) | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A SDN PATRANG 01 JEMBER PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) | en_US |
dc.type | Other | en_US |