• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI DI SDN GUMUKMAS 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Rizki Nur Aini - 100210204045_1.pdf (115.1Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Rizki Nur Aini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gumukmas 03 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan siklus Hopskin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanaan dalam dua siklus, masing-masing siklus sebanyak dua pertemuan dengan menerapkan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Pelaksanaan penerapan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi pada siswa kelas IV SDN Gumukmas 03 berjalan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63,67% dengan kategori aktif dan pada siklus II sebesar 81,05% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,38%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatn dalam setiap pertemuannya. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67% meningkat sebesar 89% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22% dengan rata-rata nilai 71 pada siklus I dan 81,44 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 10,44. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gumukmas 03 pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Saran dari penelitian ini bagi guru diharapkan mampu untuk menerapkan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56354
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository