PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI DI SDN GUMUKMAS 03 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gumukmas 03 dengan subjek penelitian
seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan
9 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) menggunakan siklus Hopskin. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini
dilaksanaan dalam dua siklus, masing-masing siklus sebanyak dua pertemuan dengan
menerapkan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dalam
pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi.
Pelaksanaan penerapan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode
eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi
pada siswa kelas IV SDN Gumukmas 03 berjalan sesuai rencana. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran IPA dengan menggunakan
pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen mengalami
peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63,67%
dengan kategori aktif dan pada siklus II sebesar 81,05% dengan kategori sangat aktif.
Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,38%, sedangkan
untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatn dalam setiap pertemuannya.
Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67% meningkat sebesar 89% pada
siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22% dengan
rata-rata nilai 71 pada siklus I dan 81,44 pada siklus II dengan peningkatan sebesar
10,44.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran cooperative
tipe STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
IPA siswa kelas IV SDN Gumukmas 03 pokok bahasan energi panas dan energi
bunyi. Saran dari penelitian ini bagi guru diharapkan mampu untuk menerapkan
pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dapat menjadi salah
satu alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa.