PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN DI SDN 5 TAMBAK UKIR SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian
kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema dari Arikunto yang
terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas III di SDN 5 Tambak Ukir, Situbondo sebanyak 21
siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif.
Pembelajaran tema kegiatan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual
kelas III terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil
analisis data, persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari pembelajaran
peningkatan dari prasiklus sebesar 59% meningkat menjadi 69% pada siklus I.
Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 10%. Sementara, setelah pelaksanaan
siklus II terjadi peningkatan sebesar 7% dari siklus I sebesar 69% menjadi 76% pada
siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa prasiklus sebesar 42 % meningkat menjadi
66% pada siklus I. Peningkatan prasiklus ke siklus I sebesar 24%. Sementara,
ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 66% meningkat menjadi 88%,
dengan peningkatan sebesar 22 %.
Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan pendekatan pembelajaran
kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tema kegiatan. Saran
dalam penelitian ini adalah hendaknya guru dapat menggunakan pendekatan
pembelajaran kontekstual sebagai alternatif dalam pembelajaran di kelas agar siswa
lebih mudah memahami materi yang diajarkan.