• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN DI SDN 5 TAMBAK UKIR SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Moch. Arifia - 100210204068_1.pdf (146.8Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Moch. Arifin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema dari Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SDN 5 Tambak Ukir, Situbondo sebanyak 21 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pembelajaran tema kegiatan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual kelas III terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data, persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari pembelajaran peningkatan dari prasiklus sebesar 59% meningkat menjadi 69% pada siklus I. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 10%. Sementara, setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 7% dari siklus I sebesar 69% menjadi 76% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa prasiklus sebesar 42 % meningkat menjadi 66% pada siklus I. Peningkatan prasiklus ke siklus I sebesar 24%. Sementara, ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 66% meningkat menjadi 88%, dengan peningkatan sebesar 22 %. Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tema kegiatan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual sebagai alternatif dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56351
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository