• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) SISWA KELAS V SDN 1 BAJULMATI BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Kholifatul Amanda Priyanti - 100210204053_1.pdf (251.9Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Kholifatul Amanda Priyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran TAI berjalan dengan baik dan lancar. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa siklus 1 yaitu pada aspek Teams 96,4%, aspek Placement test 86,4%, aspek Student Creative 55,9%, aspek Team Study 64,9%, aspek Teaching Group 60,4%, aspek Team Score and Team Recognition 74,8%, aspek Fact test 89,2% dan aspek Whole- Class Units 59,5%. Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu pada aspek Teams 100%, aspek Placement test 94,6%, aspek Student Creative yaitu 83,8%, aspek Team Study 78,4%, aspek Teaching Group 76,6%, aspek Team Score and Team Recognition 82,9%, aspek Fact test 94,6%, dan aspek Whole- Class 73,9%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71 dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82, dengan demikian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11. Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan model TAI pada pokok bahasan volume kubus dan balok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Bajulmati. Saran dari penelitian ini adalah, bagi guru yang hendak menerapkan model TAI dalam pembelajaran matematika sebaiknya mempersiapkan materi dengan sebaik mungkin dan juga memahami materi dan langkah-langkah model TAI karena pembelajaran dengan model TAI ini membutuhkan pengorganisasian waktu dengan baik, serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56350
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository