dc.description.abstract | Kualitas dan kuantitas pelayanan sangat penting di terapkan pada setiap penyedia jasa,
karena palayanan jasa lebih dirasakan oleh konsumen. Kualitas pelayanan merupakan
pelayanan yang di berikan kepada konsumen sesuai dengan standart pelayanan yang di
bakukan sebagai pedoman dalam pemberian pelayanan, dalam hal ini bagian tugas dari front
office yang termasuk dalam departemen pelayanan. Standart pelayanan adalah ukuran yang
telah di tentukan sebagai suatu pembakuan pelayanan yang baik dimana ukuran kualitas
pelayanan ini secara garis besar dirasakan oleh pihak yang di layani, karena merekalah yang
merasakan dan menikmati layanan sehingga dapat memberikan nilai kualitas pelayanan
sesuai dengan harapan mereka dalam memenuhi kepuasannya.
Pelayanan adalah suatu aktifitas yang memberikan manfaat dan di tawarkan oleh
suatu pihak kepada pihak yang lain dalam bentuk yang tidak nyata. Dalam suatu objek wisata
pelayanan sangat penting, karena pelayanan yang baik akan mempunyai dampak positif
terhadap pengunjung objek wisata tersebut. Dalam melayani pelanggan, di perlukan rasa
ikhlas dari dalam hati, karena dengan adanya rasa ikhlas akan dengan mudah
mengerjakannya dan pelayanan berjalan dengan lancar serta kepuasan konsumen akan
pelayanan tersebut akan terpuaskan. Dengan pelayanan yang baik akan membawa citra
perusahaan kepada konsumen.
Tidak jarang banyak konsumen mengeluh tentang pelayanan yang telah di berikan,
adalah suatu hal yang wajar apabila ada konsumen atau pelanggan yang tidak puas pelayanan
yang di berikan, sekalipun sudah berusaha keras untuk memenuhi setiap kepuasan pelanggan.
Obyek pelaksanaan praktek kerja nyata ini bertempat di hotel dan pemandian Kebon
Agung yang dilaksanakan pada bulan Maret- April 2010. Bukan hal yang mudah untuk
mengembangkan obyek wisata agar di kenal oleh masyarakat luas, Untuk itu perlu dilakukan
analisis yang berkaitan dengan peluang–peluang serta mengantisipasi ancaman-ancaman
yang mungkin terjadi di masa akan datang yang dapat meghambat perkembangan dan
kemajuan hotel dan pemandian kebon agung tersebut. Analisi ini biasa di sebut analisis
SWOT yaitu analisis yang membuat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang di
alami perusahaan dimasa sekarang atau di masa yang akan datang.
Analisa ini di dasarkan pada logika yang dpat memaksimalkan kekuatan dan peluang,
namun secara bersama dapat miminimalkan kelemahan perusahaan dan ancaman untuk
mencapai kemajuan dan perkembangan perusahaan tersebut. Setiap perusahhan mempunyai kelamahan dan kekuatan tertentu yang dapat menjadi faktor pendukung tercapainya tujuan
usaha, contohnya keramahan karyawan dalam melayani wisatawan yang datang. Sedangkan
kelemahan perusahaan dapat menjadi penghambat contohnya asilitas perusahaan yang
kurang memadai. | en_US |