• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT POLYA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS V SDN 2 BLAMBANGAN BANYUWANGI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Feni Tristanti - 100210204027_1.pdf (787.4Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    FENI TRISTANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 2 Blambangan Banyuwangi diketahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa sebagai berikut: a. kesalahan dalam memahami masalah sebesar 43,15%, penyebabnya adalah siswa tidak mampu memahami maksud dari soal cerita, dan siswa tidak mampu menerjemahkan kalimat soal dengan kalimatnya sendiri, b. kesalahan membuat rencana sebesar 58,93%, penyebabnya adalah siswa tidak mampu menerjemahkan kalimat soal ke dalam kalimat matematika, dan siswa tidak mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian soal dengan tepat, c. kesalahan dalam melaksanakan rencana sebesar 39,73%, penyebabnya adalah siswa kurang memahami konsep bangun kubus dan balok, dan siswa kurang mampu melakukan operasi hitung serta siswa tidak teliti dalam melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian, d. kesalahan pada tahap memeriksa kembali jawaban sebesar 75%, penyebabnya adalah siswa tidak mampu menginterpretasikan jawaban, dan siswa tidak mampu mengembalikan hasil perhitungan ke dalam konteks soal semula. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini antara lain: bagi guru, memberikan penjelasan kepada siswa bahwa interpretasi jawaban sangat penting untuk dikerjakan dan menyediakan soal cerita yang bersifat open ended; bagi siswa, harus menggunakan langkahlangkah Polya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam menyelesaikan soal cerita; bagi peneliti lain, meneliti aspek kesalahan lainnya yang mungkin dilakukan siswa dan perlu mempersiapkan instrument penelitian yang lebih baik agar semua aspek dan faktor kesalahan siswa dapat teridentifikasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56349
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository