ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT POLYA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS V SDN 2 BLAMBANGAN BANYUWANGI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya
pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 2 Blambangan
Banyuwangi diketahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa sebagai berikut: a.
kesalahan dalam memahami masalah sebesar 43,15%, penyebabnya adalah siswa
tidak mampu memahami maksud dari soal cerita, dan siswa tidak mampu
menerjemahkan kalimat soal dengan kalimatnya sendiri, b. kesalahan membuat
rencana sebesar 58,93%, penyebabnya adalah siswa tidak mampu menerjemahkan
kalimat soal ke dalam kalimat matematika, dan siswa tidak mampu menyusun
langkah-langkah penyelesaian soal dengan tepat, c. kesalahan dalam melaksanakan
rencana sebesar 39,73%, penyebabnya adalah siswa kurang memahami konsep
bangun kubus dan balok, dan siswa kurang mampu melakukan operasi hitung serta
siswa tidak teliti dalam melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian, d.
kesalahan pada tahap memeriksa kembali jawaban sebesar 75%, penyebabnya adalah
siswa tidak mampu menginterpretasikan jawaban, dan siswa tidak mampu
mengembalikan hasil perhitungan ke dalam konteks soal semula. Saran yang dapat
diberikan dalam penelitian ini antara lain: bagi guru, memberikan penjelasan kepada
siswa bahwa interpretasi jawaban sangat penting untuk dikerjakan dan menyediakan
soal cerita yang bersifat open ended; bagi siswa, harus menggunakan langkahlangkah
Polya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam menyelesaikan soal
cerita; bagi peneliti lain, meneliti aspek kesalahan lainnya yang mungkin dilakukan
siswa dan perlu mempersiapkan instrument penelitian yang lebih baik agar semua
aspek dan faktor kesalahan siswa dapat teridentifikasi.