dc.description.abstract | Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi aktivitas dan hasil
belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Peneliti menetapkan target pencapaian
untuk aktivitas belajar siswa secara klasikal dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan
untuk hasil belajar siswa harus mencapai kriteria ketuntasan minimal atau ≥70%.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa
yang semula pada pra siklus sebesar 33,42%, meningkat menjadi 66,59 % pada siklus
1, dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 76,17%. Hasil belajar siswa pada pra
siklus sebesar 35%, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 60%, dan pada
siklus 2 meningkat menjadi 90%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Role
Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
PKn pada siswa kelas III SDN 1 Setail semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Saran
untuk SDN 1 Setail dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hendaknya
menggunakan metode yang tepat agar siswa yang mengikuti proses belajar
memperoleh hasil yang maksimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. | en_US |