dc.description.abstract | Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kesalahan pemilihan
kata pada karangan narasi siswa meliputi aspek yaitu: (1) penggunaan kata
bersinonim;(2) penggunaan kata denotatif/konotatif;(3) penggunaan kata
umum/khusus;(4) penggunaan kata baku/nonbaku;(4) penggunaan kata ciptaan
sendiri;(5) keserasian kata. Kesalahan pemilihan kata tertinggi dalam keserasian kata
dan kesalahan terendah dalam penggunaan kata bermakna denotatif/konotatif.
Penyebab kesalahan pemilihan kata pada karangan narasi siswa ialah interferensi
bahasa ibu (B1) terhadap bahasa kedua (B2), lingkungan tepat tinggal siswa,
kompetensi bahasa Indonesia siswa yang rendah, sikap siswa yang kurang peduli
akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta rendahnya minat baca
siswa.
Kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan menulis karangan siswa secara
keseluruhan cukup rendah. Kesalahan pemilihan kata tertinggi dalam keserasian kata
dan kesalahan terendah dalam penggunaan kata bermakna denotatif/konotatif.
Penyebab kesalahan pemilihan kata tersebut antara lain: interferensi bahasa ibu (B1)
terhadap bahasa kedua (B2), lingkungan tempat tinggal siswa, kompetensi bahasa
Indonesia yang dimiliki oleh siswa, sikap siswa yang kurang peduli akan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan rendahnya minat baca siswa. Saran dalam
penelitian ini yaitu hendaknya guru beserta sekolah senantiasa menciptakan
lingkungan belajar yang dapat mendukung siswa untuk belajar bahasa Indonesia yang
baik dan benar. | en_US |