HUBUNGAN MINAT PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN NON-FORMAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI FIQIH DI KELAS VIII PONDOK PESANTREN ASY-SYARIF DESA AJUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN 2012/2013
Abstract
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan minat peserta didik dalam mengikuti pendidikan non-formal dengan
prestasi belajar peserta didik dalam bidang studi fiqih kelas VIII Pondok Pesantren
Asy-syarif Desa Ajung Kab. Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yaitu tekhnik
pengolahan data menggunakan angka-angka. Adapun metode pengumpulan data yang
digunakan berupa wawancara,angket, observasi dan kepustakaan. Adapun Hasil dari
penelitian ini yaitu tinggi rendahnya prestasi belajar siswa dalam bidang studi Fiqih
tidak ada hubungannya / tidak dipengaruhi oleh tinggi rendahnya minat siswa dalam
mengikuti kegiatan Non-formal, karena terbukti hubungan itu berada pada hubungan
yang sangat lemah.
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan maka
dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam bidang studi Fiqih yaitu
berkisar antara 50-90 tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan minat
belajar siswa mengikuti kegiatan Non-Formal.