PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini membahas masalah penentuan strategi pemasaran
berdasarkan data internal dan eksternal perusahaan. Strategi pemasaran
merupakan salah satu cara untuk mendukung program pemasaran guna mencapai
tujuan pemasaran yaitu mencari laba dan mencari kepuasan konsumen. Tujuan
penelitian ini adalah menetapkan strategi pemasaran yang tepat pada PT Jalur
Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Jember.
Penetapan strategi pemasaran menggunakan metode analisis SWOT. Data
dari internal perusahaan berasal dari penyebaran kuisioner pada karyawan
perusahaan. Sedangkan dari eksternal perusahaan mencakup peluang dan
ancaman, data yang diperoleh dari para konsumen PT Jalur Nugrha Ekakurir
(JNE) Cabang Jember. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 40 sampel, 20 dari internal perusahaan dan 20 dari eksternal perusahaan.
Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Jalur Nugrha Ekakurir (JNE)
Cabang Jember berada pada kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan
pertumbuhan yang agresif, maksudnya perusahaan harus lebih giat dalam
mengatasi perkembangan pasar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan
penjualan.
Beradasarkan hasil penelitian maka saran yang bermanfaat dan sebagai
bahan pertimbangan dan masukan bagi pihak manajemen pada PT Jalur Nugrha
Ekakurir (JNE) Cabang Jember adalah meningkatkan pangsa pasar,
mengembangkan kualitas SDM, dan melakukan kegiatan promosi yang efektif
dan tepat sasaran